4 Jurusan Kurang Diminati dengan Gaji Besar, Bisa Jadi Rekomendasi Kalian

4 Jurusan Kurang Diminati dengan Gaji Besar, Bisa Jadi Rekomendasi Kalian

Persaingan masuk perguruan tinggi negeri ( PTN ) terutama kampus favorit memiliki persaingan yang ketat. Tidak hanya perguruan tinggi saja, lebih detail lagi adalah persaingan untuk masuk jurusan favorit yang banyak peminat. Hal ini menyebabkan terdapat jurusan yang kurang diminati.

Jurusan yang kurang diminati ini biasanya dipandang sebelah mata, karena dinilai tidak memiliki prospek yang bagus untuk masa depan. Kurangnya wawasan dan sosialisasi membuat banyak orang berpikir demikian. Padahal, ada beberapa jurusan yang kurang diminati dan punya prospek bagus, bahkan bergaji tinggi.

Inilah 4 Jurusan yang Kurang diminati dengan Gaji Besar :

1. Astronomi

Jurusan Astronomi mungkin akan dipandang kurang memiliki prospek yang bagus, hal ini dikarenakan di Indonesia sendiri perkembangan keilmuan astronomi masih kurang berkembang. Namun bukan berarti jurusan ini tidak bisa mendapat pekerjaan nantinya.

Beberapa PTN ternama bahkan memiliki Jurusan ini, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Lulusan Astronomi ini bisa memiliki profesi sebagai ahli astronomi, peneliti, dosen hingga pegawai negeri.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) juga siap menampung lulusan jurusan ini. Gaji sebagai ahli astronom sendiri berkisar dari Rp4 juta hingga Rp33 juta per bulan.

2. Filsafat

Jurusan ini kurang diminati karena banyak orang yang belum tau profesi apa yang sesuai dengan jurusan ini. Selain itu jurusan filsafat juga dikenal berat dan membuat stres karena harus banyak berpikir keras.

Filsafat sendiri merupakan ilmu yang mempelajari cara berpikir manusia. Lewat jurusan ini kamu bisa mendalami banyak pengetahuan , sekaligus penerapannya dalam kehidupan sehari hari.

Prospek kerja untuk jurusan filsafat bisa menjadi konsultan, psikoterapis, jurnalis, pengamat politik maupun filsuf. Gaji rata rata lulusan filsafat sendiri bisa mencapai 10 juta per bulan.

3. Arkeologi

Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari benda benda bersejarah. jurusan yang kurang diminati ini karena profesi sebagai arkeolog sendiri kurang terpandang di Indonesia.

Profesi lulusan jurusan arkeologi selain bisa menjadi arkeolog juga bisa menjadi sejarawan. Namun banyak yang belum tau bahwa gaji arkeolog termasuk ke dalam gaji yang tinggi.

Rata rata gaji arkeolog berkisar mulai dari Rp4 juta sampai Rp7 juta per bulan. Apabila sudah menjadi seorang ahli arkeolog gajinya bisa mencapai Rp800 juta.

4. Oseanografi

Jurusan ini banyak mempelajari tentang fenomena laut. Seharusnya di Indonesia ilmu ini akan sangat berguna karena wilayah geografis negara ini mayoritas adalah lautan dan merupakan negara kepulauan. Namun justru termasuk ke dalam jurusan yang kurang diminati.

Peluang kerja untuk lulusan jurusan oseanografi diantaranya menjadi oceanographic surveyor, marine seismic navigator (offshore navigator), coastal modeler,metocean engineer, hydrographic surveyor, marine environmental scientist, hingga tenaga pendidik.

Gaji yang bisa diterima untuk fresh graduate oseanografi saja bisa sekitar Rp10 juta per bulan. Itulah 4 Jurusan yang Kurang diminati dengan Gaji Besar.

Sebenarnya mau di mana pun dan jurusan apa yang kita pilih selama kita terus berusaha dan menekuni ilmunya pasti bisa meraih kesuksesan. Karena itu tidak perlu berkecil hati hanya karena jurusan yang kalian masuki bukan jurusan yang populer.

Tulisan ini dipublikasikan di Pendidikan, Universitas dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.