Peluang Lolos Tinggi, Ini 5 Sekolah Kedinasan IPA yang Sepi Peminat

Peluang Lolos Tinggi, Ini 5 Sekolah Kedinasan IPA yang Sepi Peminat

Ada beberapa sekolah kedinasan untuk jurusan IPA yang kurang peminat. Lulusan sekolah kedinasan pun berkesempatan diangkat sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) setelah menamatkan pendidikan.
Para taruna nantinya akan mendapatkan fasilitas beasiswa yang lengkap. Mulai dari pembebasan biaya pendidikan, tunjangan hidup, hingga dipekerjakan instansi penyelenggara sekolah kedinasan pasca lulus.

Sekolah kedinasan ini terbuka untuk siswa lulusan SMA/SMK dari berbagai jurusan. Meski demikian, mayoritas memang terbuka untuk siswa SMA IPA dan SMK teknik.

Berdasarkan data pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2021 melalui akun Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun media sosialnya, ada beberapa politeknik politeknik pelayaran dan penerbangan milik Kementerian Perhubungan kurang diminati para peserta. Berikut lima di antaranya:

Sekolah Kedinasan IPA Sepi Peminat

1. Politeknik Pelayaran Barombong (Poltekpel Barombong)

Merupakan sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan. Poltekpel ini didirikan pada 28 Juni 1980 dengan nama awal Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran Dasar (BPLPD).

Prodi di sekolah kedinasan ini yaitu Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

2. Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar)

Poltekpel Sumbar berada di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan. Prodinya yaitu D3 Nautika, D3 Teknologi Nautika, dan D4 Transportasi Laut.

3. Politeknik Penerbangan Makassar (Poltekbang Makassar)

Poltekbang Makassar memiliki empat prodi jenjang diploma. Keempat prodi itu adalah Teknik Navigasi Udara/Teknologi Navigasi Udara, Teknik Listrik Bandara/Teknologi Bandar Udara, Teknik Pesawat Udara/Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara, dan Lalu Lintas Udara/Manajemen Lalu Lintas Udara.

Jurusan ini diperuntukkan bagi SMA jurusan IPA dan jurusan SMK yang mencakup jurusan Teknologi Pesawat Udara, Otomotif, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Mesin, Elektronika, Ketenagalistrikan, dan Teknik Telekomunikasi.

Baca juga: Bingung Menentukan Uang Jajan Anak Sekolah? Ini 7 Tipsnya Menurut Financial Planner

4. Politeknik Pelayaran Sorong (Poltekpel Sorong)

Poltekpel Sorong awalnya bernama Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2I). Sekolah kedinasan ini memiliki beberapa prodi yaitu Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

Melansir situsnya, sekolah kedinasan yang terletak di tanah Papua ini sedang membuka pendaftaran program D3 jalur mandiri (non pola pembibitan) dan program non diploma diklat pelaut pembentukan tingkat IV.

5. Politeknik Pelayaran Banten (Poltekpel Banten)

Prodi Poltekpel Banten memiliki prodi yang sama dengan poltek lainnya yang telah disebutkan di atas.

Berdasarkan informasi penerimaan calon taruna tahun lalu, siswa jurusan IPA dapat mendaftar di ketiga program studi yang tersedia. Sementara itu, lulusan IPS dan Bahasa hanya bisa mendaftar di program studi Manajemen Transportasi Laut.

Tulisan ini dipublikasikan di Universitas dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.